Breaking News

7 Cara Mengobati Cantengan Di Jempol Kaki

7 Cara Mengobati Cantengan Di Jempol Kaki
7 Cara Mengobati Cantengan Di Jempol Kaki

Cara mengobati cantengan di jempol kaki ada beberapa cara yang akan kami ulas pada artikel kali ini. Untuk anda yang pernah mengalami cantengan tentu hal tersebut sangat tidak nyaman karena membatasi kegiatan sehari-hari akibat kaki yang terasa sakit.

Cantengan sendiri muncul karena terdapat infeksi pada bagian kuku di tangan atau jamur karena adanya bakteri dan jamur. Parahnya lagi sakit cantengan kerap menimbulkan nanah hingga bau tak sedap pada bagian kuku kaki.

Hal ini tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari karena cantengan sendiri menimbulkan rasa nyeri yang cukup terasa. Bahkan sakit cantengan bisa sampai berbulan-bulan jika tak segera mendapatkan penanganan.

Maka dari itu anda harus mengetahui cara mengobati cantengan di jempol kaki magar nyeri yang anda alami akan segera mereda. Beberapa cara yang akan kami sajikan bisa anda lakukan di rumah tanpa dengan bantuan dokter.

Selain itu, jika tak segera mendapatkan penanganan, infeksi pada bagian kuku tersebut akan semakin parah dan membuat kuku terlepas karena bakteri dan jamur menyebar dengan cepat.

Bahkan cantengan yang sudah terlalu parah bisa berujung pada operasi sehingga jangan sampai telat dalam menanganinya.

Adapun beberapa ciri-ciri dari cantengan adalah sebagai berikut

  • Terdapat bengkak pada bagian kuku yang mengalami sakit
  • Munculnya nanah pada kuku yang mengalami sakit
  • Terjadinya perubahan bentuk, tekstur serta warna pada kuku
  • Jika sudah parah, kuku akan mengelupas

Lalu apa penyebab dari cantengan itu sendiri?

  • Jika sering menggigit atau mencongkel kuku berpotensi akan membuat infeksi yang bisa berujung pada cantengan
  • Jika terlalu pendek ketika memotong kuku sehingga bagian daging kuku bisa terkelupas
  • Kondisi kaki terlalu lembab sehingga bakteri bisa bersarang dengan nyaman
  • Kuku tumbuh ke dalam sehingga bisa menyebabkan luka pada sela-sela kuku
  • Diabetes
BACA JUGA :   12 Cara Mengobati Mata Bengkak

Nah untuk itu, yuk kita cari tahu cara mengobati kaki cantengan di jempol kaki! Cara dibawah ini bisa anda terapkan tanpa bantuan dokter dan dalam keadaan cantengan yang belum terlalu parah

1. Rendam kaki dengan air sabun

Cara mengobati cantengan pada di jempol kaki yang pertama adalah dengan merendam kaki tersebut ke dalam air sabun.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa merendam kaki pada air sabun hangat bisa menyembuhkan kaki cantengan karena terbukti bisa mengurangi bengkak akibat bakteri.

Langkah penerapannya juga sangat mudah, anda cukup mencampurkan sabun cair dengan air hangat dan aduk hingga tercampur dengan rata.

Anda bisa melakukan terapi pengobatan ini selama 30 menit dan dilakukan 3 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal

2. Rendam air dengan air cuka

Tak hanya menggunakan air sabun, anda juga bisa menggunakan air cuka untuk merendam kaki yang sedang mengalami cantengan.

Kandungan air cuka apel terbukti bisa menyembuhkan cantengan karena memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan anti nyeri.

Cara pembuatannya hampir sama dengan membuat air rendaman sabun, anda cukup mencampurkan air hangat dengan 1/4 gelas cuka sari apel.

Anda bisa melakukan rendaman air selama 20 menit dalam sehari dan tunggu kaki anda hingga kering.

3. Oleskan salep cantengan

Cara mengobati cantengan di jempol kaki yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan obat salep cantengan. Anda bisa membeli obat salep ini di apotek terdekat.

Beberapa jenis obat salep cantengan yang beredar di Indonesia, salah satunya Ciclopirox. Obat tersebut mampu membasmi pertumbuhan jamur sehingga akan meredakan cantengan.

Ada bisa mengoleskan Ciclopirox pada pada bagian kuku yang terkena cantengan dan mendiamkannya selama 8 jam tanpa terkena air. Anda bisa mengoleskan Ciclopirox dua kali sehari.

BACA JUGA :   12 Cara Mengobati Mata Bengkak

Bukan hanya itu, ada banyak obat salep pereda cantengan yang bisa anda gunakan seperti Clotrimazole, Ecanazole dan masih banyak lagi.

digunakan tiga kali sehari.

4. Gunakan kaos kaki dan sepatu yang nyaman

Langkah pengobatan jika anda sudah terkena Cantengan adalah dengan menggunakan kaos kaki dan sepatu yang nyaman.

Dengan penggunaan alas kaki yang nyaman ini dapat meminimalisir penyebaran infeksi lebih luas lagi.

Selain itu, salah satu penyebab kaki cantengan juga karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit sehingga bisa menimbulkan lecet yang berujung dengan cantengan.

5. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Cara mengobati cantengan yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini sangat penting terlebih cantengan memang memberikan efek nyeri yang luar biasa.

Hal ini membuat anda harus mengkonsumsi obat pereda nyeri supaya rasa sakit yang timbul akibat cantengan bisa mereda. Namun sebelum mengkonsumsi obat tersebut, jangan lupa membaca petunjuk penggunaan agar tidak ada efek samping yang berbahaya.

Terkadang, cantengan disertai gejala nyeri atau sakit tak tertahankan.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, penderita disarankan minum obat pereda nyeri. Mengangkat Kuku

Jika hanya sedikit kuku yang tumbuh ke dalam, terasa nyeri tetapi tidak bernanah, biasanya dokter hanya akan mengangkat bagian tepi dari kuku. Caranya yaitu dengan menggunakan benang gigi atau kapas untuk membantu memisahkan kuku dari bagian atas kulit, dan membantu kuku tumbuh secara normal.

6. Mencabut Sebagian Kuku

Cara mengobati cantengan di jempol kaki yang selanjutnya adalah dengan mencabut sebagian kuku. Cara ini cukup ekstrim dibanding cara sebelumnya dan hanya dilakukan saat cantengan sudah lumayan parah serta harus dilakukan oleh tenaga ahli.

BACA JUGA :   12 Cara Mengobati Mata Bengkak

Jika cantengan sudah parah, akan menimbulkan bengkak yang cukup besar hingga mengeluarkan nanah. Segeralah berkunjung ke dokter untuk mencabut sebagian dari kuku penyebab cantengan itu.

Memang terkesan menyeramkan, namun dokter akan memberikan bius lokal sehingga kuku akan mati rasa saat dilakukan proses pencabutan.

7. Operasi

Cara mengobati cantengan di jempol yang terakhir adalah dengan operasi. Langkah ini diambil apabila cantengan yang sudah dialami dalam keadaan yang cukup parah.

Apabila semau cara diatas tidak bisa dilakukan maka perlu proses pembedahan atau operasi. Operasi pada cantengan ini berguna untuk mengangkat sebagian kuku yang sudah terlalu dalam masuk ke bagian daging.

Selain itu, proses operasi juga mengangkat sebagian jaringan kuku yang tidak seharusnya tumbuh sehingga pada masa nanti tidak akan tumbuh lagi.

Sama halnya dengan proses pencabutan kuku, proses operasi cantengan juga dilakukan bius lokal agar selama pembedahan pasien tidak akan merasakan sakit.

Sakit cantengan memang bukan hal yang sepele, meskipun hanya menyerang bagian kuku saja namun jika parah efeknya bisa mengganggu seluruh kegiatan sehari-hari anda karena rasa nyeri yang timbul. Maka dari itu, harapan kami semoga anda bisa menjaga kebersihan kuku anda dan mengenakan alas kaki yang nyaman.

Itulah beberapa cara mengobati cantengan di jempol kaki yang bisa kami sampaikan. Semoga penjelasan dari kami bisa membantu mengatasi cantengan yang anda alami.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.